Pada kesempatan kali ini, Saya akan membahas mengenai proses tutup buku tahun pada program Zahir Accounting.

proses tutup buku akhir tahun pada umumnya tentunya dilakukan saat periode akuntansi berakhir, begitu juga pada program Zahir Accounting, proses tutup buku akhir tahun juga dilakukan pada saat periode akuntansi berakhir. Caranya cukup mudan dilakukan, Kita hanya tinggal klik menu tutup buku > tutup buku tahun.

Sebelum melakukan proses tutup buku tahunan, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, diantaranya adalah:

- pastikan data Zahir telah di backup terlebih dahulu.

- lakukan pengecekan kembali pada periode tersebut, apakah sudah fix secara keseluruhan dan siap untuk ditutup tahun.

- jika sudah dipastikan di kedua hal tersebut diatas, barulah Anda bisa melakukan proses tutup buku tahunan.

Hal-hal tersebut diatas sengaja Saya informasikan dikarenakan jika Anda sudah melakukan proses tutup buku akhir tahun, Anda sudah tidak bisa lagi melakukan penambahan ataupun koreksi pada periode akuntansi yang sudah ditutup tahun, akan tetapi, jika Anda sudah melakukan proses tutup buku tahun dan ingin dibukakan kembali tutup tahunnya, biasanya prosedurnya adalah, Anda siapkan surat permintaan buka tutup tahun yang ditanda tangani setingkat manager di atas materai 6000, dan kirimkan data zahir Anda yang ingin keemail datazahir@gmail.com, untuk informasi lebih jelasnya, Anda bisa langsung hubungi customer support PT. Zahir Internasional untuk proses pembukaan tutup tahunnya..

Proses tutup buku tahun ini berfungsi sebagai pemindah periode tahun dan pembentuk jurnal tutup tahun yaitu mengkreditkan akun laba tahun berjalan dan mendebetkan laba ditahan, jurnal ini akan terbentuk secara otomatis.

Seperti itulah sedikit informasi mengenai tutup buku tahun pada Program Zahir Accounting, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>