Dalam penggunaan aktiva tetap yang dimiliki oleh sebuah perusahaan sehari-harinya, sangat mungkin aktiva tersebut mengalami sebuah kerusakan, dan mungkin saja, kerusakan ini menyebabkan aktiva tersebut tidak bisa lagi digunakan.

Dalam hal ini, aktiva yang sudah tidak bisa digunakan kembali tersebut harus dihapus dari catatan aktiva tetapnya, dan inilah langkah-langkah untuk melakukan pencatatan untuk menghapus aktiva ataupun menghabiskan nilai penyusutannya pada program Zahir Accounting.

Berikut contoh kasusnya :
Pada tanggal 1 Juni 2011 Motor XYZ PT. ABC yang diperoleh tanggal 1 Januari 2011 senilai Rp 1,200,000 mengalami kerusakan fatal akibat kecelakaan.

Catatan:
- PT. ABC menggunakan metode garis lurus dalam menghitung penyustan kendaraannya.

- Kendaraan tersebut diperkirakan memiliki umur ekonomis 1 tahun.

- Posisi Aktiva Tetap Gedung per tanggal 1 Juni 2011 adalah sebagai berikut:

Perolehan Kendaraan = Rp 1,200,000 dan Accum Deprec Rp 500,000.

nb : nilai akumulasi depresiasi didapat dari harga perolehan dibagi dengan umur ekonomis dikali masa penyusutan yang sudah terbentuk.

sehingga pencatatan pada progam Zahirnya adalah sebagai berikut :

a. buat terlebih dahulu jurnal beban/ kerugian atas kerusakan aktiva tersebut di menu buku besar > transaksi jurnal umum, seperti ini contohnya :

 

jurnal yang terbentuk akan seperti ini :


b. jika jurnalnya sudah dibuat baru lakukan revisi aktiva tersebut pada menu aktiva tetap.
dalam hal pengeditan ini, ada dua cara :
1. langsung di hapus dari daftar aktiva tetap.
penghapusan data aktiva yang sudah rusak ini, tidak akan menghapus history jurnal yang sudah terbentuk, akan tetapi hanya menghilangkan dari daftar aktiva tetap saja, dan cara hapusnya adalah, masuk kemenu data-data > data aktiva tetap, klik kanan pada aktiva yang ingin di hapus lalu pilih hapus.

2. jika data aktiva ini tidak ingin dihapus dari daftar aktiva, cukup lakukan hal berikut :
a. rubah metode persediaan menjadi tanpa depresiasi
b. isikan kolom tanggal pensiun dengan tanggal pengakuan aktiva tersebut tidak diakui lagi.

jadi seperti itu caranya.

jika masih bingung atau ada yang salah, comment please…

@softwarebisnis.com

 

Dalam penggunaan aktiva tetap yang dimiliki oleh sebuah perusahaan sehari-harinya, sangat mungkin aktiva tersebut mengalami sebuah kerusakan, dan mungkin saja, kerusakan ini menyebabkan aktiva tersebut tidak bisa lagi digunakan.Dalam hal ini, aktiva yang sudah tidak bisa digunakan kembali tersebut harus dihapus dari catatan aktiva tetapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>