Selamat siang para pembaca, saat ini penulis ingin memberikan tutorial untuk pencatatan piutang karyawan pada software akuntansi Zahir Accounting.

Piutang karyawan merupakan akun yang tidak menggunakan buku besar pembantu sehingga agak sukar bagi penginput untuk melihat mutasi yang terjadi. Agar dapat terlihat mutasinya seperti layaknya di buku besar pembantu (kartu piutang), berikut ini cara yang mudah dilakukan.

1. Buatkan terlebih dahulu akun Piutang Karyawan (hanya satu akun).

2. Catat pembentukan Piutang Karyawan di Modul Kas & Bank dan pilih form Kas Keluar (sebagai pengeluaran kas/bank). Pilih akun kas (akun kredit) sebagai uang yang akan dikeluarkan yaitu kas/ bank. Tentukan karyawan yang akan menerima pinjaman uang. Ubah Keterangan menjadi Pengeluaran Piutang, Firdaus. Tentukan akun debit baris alokasi dana yaitu akun Piutang Karyawan beserta jumlah lalu klik sebesar. Rekam

3.  Lihat pembentukan piutang yang terjadi di modul Buku Besar dan pilih buku besar. Cari transaksi berkenaan berdaasarkan Keterangan. Akan tampil mutasinya.

4. Saat pembayaran piutang, lakukan sama seperti pada butir 2 namun dengan memilih transaksi Kas Masuk dan ubah Keterangan menjadi Penerimaan Piutang, Firdaus.

5.  Lihat kembali mutasinya di Buku Besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>