Di dalam kartu stok umum dapat kita lihat barang yang masuk dan keluar, tanggal posting, HPP, dan nilai akhir dari produk tersebut. Terkadang ada nilai/stok yang di pertengahan laporan tiba-tiba muncul tanda minus, hal ini disebabkan karena ketika melakukan posting transaksi tidak berurut berdasarkan tanggal. Misal: dalam daftar transaksi ada tgl 1, tgl 2, tgl 3. Transaksi tersebut tidak di posting berurut tanggal melainkan:

Transaksi tgl 2 di posting, setelah itu
Transaksi tgl 1 di posting, kemudian
Transaksi tgl 3 di posting.

Postingan tersebut akan berpengaruh pada nilai stok ketika dilihat dari laporan biasa (default zahir), stoknya akan terlihat minus. Tetapi sebenarnya, tidak minus hanya laporan tersebut disusun berdasarkan nomor urut tanggal.

Berikut saya tunjukkan ilustrasi gambarnya.

Gambar diatas adalah laporan default zahir yang memunculkan transaksi berdasrkan tanggal. Terlihat stoknya minus, logikanya stok minus tidak akan bisa mengeluarkan barang (jual/penyesuaian).

Gambar diatas adalah laporan kartu stok yang memunculkan urutan posting. Terlihat kotak warna biru urutannya:
22 September 2011
24 September 2011
23 September 2011
Stoknya pun terlihat tidak memunculkan angka minus.

Bagaimana cara mendapatkan laporan kartu stok yang diurut berdasarkan posting. Silahkan download file berikut:

  1. DOWNLOAD File laporan kartu stok umumnya.
  2. Kemudian simpan di tempat sementara yang dapat diakses, lalu pindahkan/copy-paste ke folder : “C:\Program Files\Zahir … System Ver. 5.1\Reports_Id\Product”
  3. Restart program zahirnya.
  4. Dan Anda dapat melihat laporan tersebut muncul dibawah laporan Kartu Stok – Umum dengan nama laporannya adalah: Laporan Kartu Stok – Umum_Noindex

One Response to Trik: Melihat Laporan Kartu Stok Umum Berdasarkan Urut Posting (Nomor Index)

  1. adri says:

    maaf Pak, untuk filenya bisa diupload ulang? barusan saya coba download tidak bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>