Dalam akuntansi keuangan, rekonsiliasi bank dibuat untuk mengkonfirmasi pencatatan transaksi perusahaan melalui bank dengan pencatatan transaksi perusahaan di buku besar. Antara bank dengan perusahaan sama-sama mencatat secara independent tiap transaksi perusahaan di masing-masing akun. Rekonsiliasi bank juga berfungsi untuk menghindari terjadi nya kesalahan pencatatan atau miss record di kedua belah pihak pencatatan. Kesalahan pencatatan atau miss record itu bisa saja terjadi disebabkan ada nya jeda waktu atau time lags, untuk menghindari salah satu pihak dari pencatatan di waktu yang sama dan tentu nya error atau human error ketika mencatat transaksi di buku besar atau kelalain bank dengan error sistem nya.

 

Secara pengendalian internal, untuk mencapai hasil maksimum dari rekonsiliasi bank, rekonsiliasi bank harus dijalankan oleh orang atau staff yang terbiasa atau difokuskan dengan jobdesk di bagian penerimaan dan pengeluaran kas. Ketika pengguna melakukan rekonsiliasi bank, pengguna perlu untuk menkonfirmasi satu per satu transaksi yang melibatkan penerimaan atau pengeluaran melalui bank sehingga dapat diketahui berapa jumlah sisi debet nya dan sisi kredit nya.

 

Untuk di program zahir, pengguna yang akan melakukan rekonsiliasi bank bisa dengan mudah mengetahui dalam jangka waktu selalu terbaharui dengan cara memasukkan saldo akhir bank di buku besar di modul rekonsiliasi bank, kemudian secara otomatis rekonsiliasi bank akan mengeluarkan berapa total yang di kolom check yang beredar dan setoran dalam perjalanan. Check yang beredar menggambarkan pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada pihak eksternal terkait dengan transaksi usaha melalui akun bank sementara atau transfer antar internal perusahaan seperti mengisi kas kecil atau mengisi kas perusahaan dari akun bank, setoran dalam perjalanan menggambarkan, penerimaan pendapatan perusahaan yang diterima melalui akun bank dalam bentuk seperti pembayaran piutang, penerimaan biaya pengantaran, dan sebagai nya yang berefek pada terdebet nya akun bank secara jurnal nya dan meningkat nya likuditas perusahaan.

 

Kemudian berkaitan dengan cara melakukan rekonsiliasi bank, pada tulisan saya kali ini akan membahas secara teknis bagaimana melakukan rekonsiliasi bank di zahir.

 

Langkah pertama, buka buku besar nya di modul buku besar kemudian klik filter dan seleksi akun bank nya beserta tanggal periode yang mau dilihat proses check rekonsiliasi banknya.

 

Langkah kedua, buka modul bank dan kas, kemudian klik menu rekonsiliasi nya, dan masukkan saldo akhir bank di buku besar dan filter akun di rekonsiliasi bank nya mengarah pada akun bank

langkah ketiga, setelah itu akan muncul di sisi sebelah kanan, nilai saldo akhir akun di buku besar, check yang beredar dan setoran dalam perjalanan, kemudian perbedaan nya. Nah perlu diperhatikan perbedaan itu muncul disebabkan tidak sama nya atau belum dikonfirmasi nya antara nilai saldo akhir akun buku besar dengan saldo menurut bank, untuk itulah kita perlu mencentang satu per satu transaksi akun dari mulai sisi debet atau kredit. Setelah sisi debet telah kita centang semua nilai yang tertera di setoran dalam perjalanan menjadi 0 yang arti nya semua transaksi penerimaan pendapatan perusahaan melalui bank memang benar. Kemudian kita centang kembali sisi kredit satu per satu akun nya, untuk memastikan transaksi pengeluaran, pembayaran, transfer sudah benar setelah sisi kredit selesai di centang nilai yang tertera di check yang beredar akan menjadi 0, kalau memang antara saldo buku besar dengan saldo menurut bank sudah sama, maka nilai yang muncul di perbedaan akan menjadi 0 juga, selanjut nya pengguna mengklik rekonsiliasi dan saat itu juga dilakukan proses rekonsiliasi.

Demikian gambaran mengenai proses rekonsiliasi bank, memang masih sederhana karena ini bisa disebut pengenalan dan pemahaman terhadap fitur-fitur yang ada dalam rekonsiliasi bank dan yang paling banyak ditanyakan oleh customer zahir. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pengguna zahir semua nya :)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>